Kata kerja yang dibendakan Gerund

Kata kerja yang dibendakan atau dalam bahasa Inggris Gerund, adalah kata kerja (verb) yang berfungsi sebagai kata kerja (noun). Jadi gerund adalah kata kerja yang dibendakan. Adapun rumus Gerund adalah sebagai berikut :

Gerund : verb + ing

Fungsi Gerund

Gerund berfungsi sebagai:

1. Subyek (subject)
- Reading is my hobby
Membaca adalah kegemaranku.

- Working hard will get much money
Bekerja keras akan memperoleh uang banyak.

2. Pelengkap predikat
- My hobby is writting
Hobiku adalah menulis.

- Her abilities are writing and speking
Kemahirannya adalah menulis dan berbicara.

3. Obyek (object)
- He like singing
Dia suka menyanyi.

- I keep studying hard
Saya tetap/menjaga giat belajar.

4. Kata depan (preposition)
- Before going, I lock the door
Sebelum pergi aku mengunci pintu.

- I still teach in reading English
Saya masih mengajar membaja bahasa Inggris.

Kata kerja diikuti Gerund

Kata kerja (verb) yang diikuti Gerund antara lain sebagai berikut :
  • avoid : menghindari
  • appreciate : menghargai
  • delay : menunda
  • detest : menjijikkan
  • enjoy : menikmati
  • escape : lolos
  • excuse : memaafkan
  • fancy : membayangkan
  • finish : menyelesaikan
  • pardon : memaafkan
  • miss : gagal
  • understand : mengerti
  • suggest : menyarankan
  • deny : menolak
  • postpone : menunda
  • give up : menyerah
  • risk : mempertaruhkan
  • mind : keberatan

Contoh :
- She can't stop crying
Dia tidak dapat menahan tangis

- I finish doing my homework
Saya selesai mengerjakan pekerjaan rumah saya

- I forget buying the apples
Saya lupa membeli apel

Demikian pembahasan mengenai Kata kerja yang dibendakan Gerund, semoga membantu anda dalam belajar bahasa Inggris dan penerapannya.