Contoh preposition atau kata depan dan jenisnya

Dalam grammar bahasa Inggris dikenal adanya preposition atau kata depan. Preposition atau kata depan adalah kata yang menghubungkan antara kata benda yang satu dengan kata benda yang lain. Yang termasuk kata depan atau preposition adalah sebagai berikut:
  • in : di, dalam, pada
  • on : pada, di (atas)
  • at : di, pada, kepada
  • to : ke, pada, kepada
  • from : dari
  • for : untuk, selama
  • by : oleh, dengan
  • with : dengan
  • without : tanpa
  • against : melawan, bertentangan
  • after : sesudah
  • near : dekat
  • behind : di belakang
  • into : ke dalam
  • under : bawah, di bawah
  • over : atas, di atas
  • above : atas, di atas
  • about : tentang, kira-kira
  • of : dari
  • before : sebelum

Preposition of place or position

a. at, contoh :
Jane is at the office
Jane ada di kantor

b. in, contoh :
My pencil is in bag
Pensilku ada di dalam tas

on, contoh
The book is on the table
Buku itu ada di atas meja

c. to, contoh :
They go to school everyday
Mereka pergi ke sekolah setiap hari

from, contoh :
My mother came from Surabaya yesterday
Ibuku datang dari Surabaya kemarin

d. after, contoh :
He came after me
Dia datang setelah saya

before, contoh :
I go before you come
Saya pergi sebelum kamu datang

e. inside, contoh :
The ball is inside the box
Bola ada di dalam kotak

before, contoh :
He left outside the stage
Dia pergi keluar panggung

f. above, contoh :
The star is above the sky
Bintang itu ada di atas langit

below, contoh :
The ball is below the table
Bola itu di bawah meja

g. across, contoh :
I walked across the bridge
Saya berjalan melewati jembatan

around, contoh :
He want to go around the world
Dia ingin pergi mengelilingi dunia

through, contoh :
She runs through the rain
Dia berlari menembus hujan

h. among, contoh :
Distribute the present among the children
Bagikan hadiah itu diantara anak-anak

i. behind, contoh :
Thomas sits behind Ely
Thomas duduk di belakang Ely

in front of, contoh :
He stands in front of me
Dia berdiri di depanku

j. by, contoh :
My I sit by you?
Bolehkah saya duduk di dekatmu?

beside, contoh :
The spoon is placed beside the plate
Sendok terletak di samping piring

near, contoh :
My house is near my school
Rumahku dekat dengan sekolahku

against, contoh :
They yacht sailed against the wind
Perahu layar itu berlayar melawan angin

k. over, contoh :
The bird flies over the sea
Burung itu terbang di atas laut

under, contoh :
He sits under the tree
Dia duduk di bawah pohon

beneath
The worm can live beneath the ground
Cacing dapat hidup di bawah tanah

l. up, contoh :
I Usually woke up at five in the morning
Saya selalu bangun jam lima pagi

down, contoh :
Sugar is down now
Harga gula turun sekarang

m. at the top of, contoh :
My name is at the top of the list
Nama saya ada di atas daftar

at the bottom of, contoh :
Your name is at the bottom of the list
Nama kamu ada di bawah daftar

Perbedaan antara in-on, on-at, dan at-in

a. in-on
in berarti di bawah atap, dan on berarti menyentuh atap atau menggantung.

contoh :
There is my picture on the wall
Ada gambar saya di dinding

There are many ants in my dress
Ada banyak semut di baju saya

b. on-at
on biasanya digunakan untuk nama jalan, sedangkan at untuk nama jalan dengan nomer dari sebuah rumah atau gedung.

contoh :
I live on Pemuda Street
Saya tinggal di Jalan Pemuda

I live at 30 Pemuda Street
Saya tinggal di Jalan Pemuda 30

c. at-in
in digunakan untuk menunjukkan suatu lokasi sebuah rumah, bangunan atau gedung, kota dan negara, sedangkan at digunakan untuk menunjukkan waktu dan sebuah lokasi khusus.

contoh :
I stay in Surabaya
Saya tinggal di Surabaya

I woke up at five o'clock
Saya bangun pada jam lima

Preposition of direction

contoh :
a. into
He comes into the house
Dia masuk ke dalam rumah

b. out of
The students leave out of the class
Murid-murid pergi keluar kelas

c. toward
He run toward the building
Dia berlari ke arah gedung itu

Preposition of time

Contoh :
a. at
I go to school at seven o'clock
Saya pergi ke sekolah pada jam tujuh

by
I'ii pick you up by six o'clock
Saya akan menjemputmu pada jam enam

b. after
The examination will finish after twelve o'clock
Ujian akan selesai setelah jam dua belas

before
He left this city before ten o'clock
Dia meninggalkan kota ini sebelum jam sepuluh

c. in
The time will be over in a few minutes
Waktu akan berakhir dalam beberapa menit

on
I was born on April 30
Saya lahir pada 30 April

d. for
I will stay here for a week
Saya akan tinggal di sini selama seminggu

during
I'll stay in America during the winter
Saya akan tinggal di Amerika selama musim dingin

since
He has been in Surabaya since 1994
Dia sudah berada di Surabaya sejak 1994

e. until
I'll stay here until tomorrow
Saya akan tinggal di sini sampai besok

f. at the begining of
I'll leave this city at the begining of the week
Saya akan meninggalkan kota ini awal minggu

at the end of
Ill finish the homework at the end of the week
Saya akan menyelesaikan PR akhir minggu

at the middle of
We shall go to the zoo at the middle of the week
Kami akan pergi ke kebun binatang pertengahan minggu

Preposition of Manner

Contoh :
a. by
I'll by bus
Saya akan pergi dengan bus

The book is written by him
Buku itu ditulis olehnya

b. in
Please speak in English
Bicaralah dalam bahasa Inggris

c. on
I usually go to school on foot
Saya selalu pergi ke sekolah dengan jalan kaki

d. with
I'll help you with a great pleasure
Saya akan membantumu dengan senang hati

e. like
He speaks like a president
Dia berbicara seperti seorang presiden

Hubungan dari suatu preposisi dengan kata yang mendahuluinya di dalam suatu kalimat, mungkin dengan kata sifat (adjective), kata benda (noun), atau kata kerja (verb)
Contoh :
1. Dengan kata sifat (adjective)
- afraid of : takut akan
- angry with : marah dengan
- full of : penuh dengan
- familiar with : kenal benar
- different from : berbeda dari

2. Dengan kata benda (noun)
- arrival at : kedatangan di
- combination with : kombinasi dengan
- co-operation with : kerjasama dengan

3. Dengan kata kerja (verb)
- agree to : setuju kepada
- ask for : meminta untuk
- believe in : percaya dengan
- borrow from : meminjam dari
- compoare with : membandingkan dengan
- deal with : berurusan dengan
- decide on : memutuskan pada
- depend on : tergantung pada

Demikian informasi mengenai preposition atau kata depan dan jenisnya, yang disertai contohnya, semoga membantu anda dalam belajar bahasa Inggris. Ada yang kurang pas kami minta maaf, tetapi kami selalu berusaha membuat yang terbaik untuk pengunjung website ini.

Baca juga